Penyebab ac mobil tidak dingin

Apa penyebab AC mobil tidak dingin? Simak penyebab AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin sebagai berikut ini.

1. Freon bocor

Kebocoran zat pendingin dapat terjadi pada titik mana pun dalam proses pengkondisian udara. Apalagi, tak jarang kamu sulit menentukan lokasi kebocoran secara tepat. Tempat paling umum di mana kebocoran ditemukan adalah pada sambungan selang unit AC.

Sambil mencari kebocoran, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan teknisi guna mencari penyebab tersebut.

2. Kondensor kotor atau rusak

Kondensor berfungsi untuk mendinginkan gas panas setelah dikompres dengan cara menggunakan aliran udara yang melewati bagian depan mobil. Jika kondensor kotor atau bahkan rusak, ia tak dapat melakukan pendinginan secara optimal.

Tak pelak, kondensor yang tak berfungsi dengan baik akan membuat AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin panas. Kunjungi bengkel terdekat dan kamu dapat meminta teknisi untuk memeriksa kondensor lebih lanjut.

Kalau kondensor kotor dan masih memungkinkan untuk dipakai, segera bersihkan. Namun bila kondensor rusak akibat tumpukan debu, sebaiknya perbaiki atau ganti agar tidak merembet ke onderdil lain. Bisa-bisa tekor, lho!

3. Permasalahan pada listrik

Masalah listrik mungkin merupakan salah satu yang sulit untuk didiagnosis. Sebagai langkah awal, kamu bisa memeriksa seluruh sistem kelistrikan untuk melihat apakah ada kabel yang putus atau usang. Setelah ditemukan, jangan lupa segera servis!

Teknisi bakal memperbaiki dengan pita listrik atau diganti baik sebagian maupun total. Kalau kamu tidak dapat menemukan masalah listrik secara kasat mata, mungkin sudah waktunya untuk membawa kendaraan ke dealer yang berpengalaman untuk diagnosis lebih lanjut.

4. Kipas tidak berfungsi dengan baik

Saat kipas tidak berfungsi dengan baik, kondensor tidak mampu menerima pendinginan dengan benar. Seiring berjalannya waktu, udara yang dihasilkan dari AC hanya akan terasa panas. Cara terbaik untuk memeriksa apakah kipas pendingin rusak adalah melalui inspeksi visual.

Retak pada kipas dapat disebabkan oleh debu jalanan. Salah satu cara paling aman adalah mengganti kipas. Masalah-masalah ini mungkin harus ditangani oleh seorang profesional kecuali jika kamu memiliki pengalaman dalam dunia kelistrikan.

5. Kualitas kompresor buruk

Kompresor menjaga AC mobil kamu bergerak setiap saat. Alasan paling umum komponen tersebut menurun secara fungsi yakni karena periode waktu yang lama tanpa digunakan. Kurangnya penggunaan cenderung mengejutkan sistem saat dinyalakan kembali.

Segera hubungi kami atau datang langsung ke alamat kami dibawah ini, dengan senang hati kami siap melayani anda.

Sirad AC Mobil 2
Jl. Raya Tapos, Cimpaeun, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16459

0858-8174-8396 |  +62858-8174-8396
www.siradacmobil2.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.